Pejabat PBB Tuduh Myanmar Lakukan Pembersihan Etnis Muslim Rohingya

Pejabat PBB Tuduh Myanmar Lakukan Pembersihan Etnis Muslim Rohingya - Hallo sahabat PORTAL ISLAM 24 JAM, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pejabat PBB Tuduh Myanmar Lakukan Pembersihan Etnis Muslim Rohingya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pejabat PBB Tuduh Myanmar Lakukan Pembersihan Etnis Muslim Rohingya
link : Pejabat PBB Tuduh Myanmar Lakukan Pembersihan Etnis Muslim Rohingya

Baca juga


Pejabat PBB Tuduh Myanmar Lakukan Pembersihan Etnis Muslim Rohingya





Seorang pejabat Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menyebut pemerintah Myanmar sedang melakukan pembersihan etnis terhadap warga Rohingya di Rakhine. Kisah-kisah mengerikan seperti pemerkosaan bergiliran, penyiksaan dan pembunuhan bermunculan dari ribuan warga minoritas Rohingya yang kabur ke Bangladesh. 

Disebutkan PBB dalam laporannya, seperti dilansir AFP, Jumat (25/11/2016), sekitar 30 ribu warga Rohingya telah meninggalkan rumah mereka di Myanmar demi menyelamatkan diri dari aksi kekerasan yang terus terjadi. Sejak awal bulan ini, tentara Myanmar terus bergerak di wilayah negara bagian Rakhine yang menjadi tempat tinggal etnis minoritas Rohingya. 

Pengungsi Rohingya di BangladeshFoto: REUTERS/Mohammad Ponir Hossain
Pengungsi Rohingya di Bangladesh

John McKissick selaku Ketua Badan Pengungsi PBB atau UNHCR untuk wilayah kota perbatasan Cox's Bazar di Bangladesh, menuturkan kepada BBC bahwa para pengungsi Rohingya menceritakan bagaimana sesama mereka dibunuh, disiksa dan diperkosa oleh tentara Myanmar.

"Mereka (tentara Myanmar) membunuh para pria, menembaki mereka, membantai anak-anak, memperkosa wanita, membakar dan menjarah rumah-rumah, memaksa orang-orang ini menyeberangi sungai (ke Bangladesh)," terang McKissick.

Di sisi lain, otoritas Bangladesh melawan dorongan internasional untuk membuka perlintasan perbatasannya demi mencegah krisis kemanusiaan. Bangladesh malah meminta otoritas Myanmar untuk lebih banyak bertindak demi mencegah warga Rohingya, yang tidak memiliki kewarganegaraan itu, masuk wilayahnya.

"Sangat sulit bagi pemerintah Bangladesh untuk membiarkan perbatasan tetap terbuka karena akan mendorong pemerintah Myanmar melanjutkan kekejaman dan mengusir mereka (minoritas Rohingya) keluar hingga mencapai tujuan utama mereka yakni pembersihan etnis minoritas muslim di Myanmar," tegas McKissick. 

Pengungsi Rohingya diamankan penjaga perbatasan BangladeshFoto: REUTERS/Mohammad Ponir Hossain
Pengungsi Rohingya diamankan penjaga perbatasan Bangladesh

Menanggapi pernyataan itu, juru bicara Presiden Myanmar menyatakan kecamannya. "Saya ingin mempertanyakan profesionalisme dan etika yang seharusnya dipatuhi dan dihormati staf PBB. Dia (McKissick-red) seharusnya berbicara dengan didasarkan pada fakta konkret dan kebenaran, dia seharusnya tidak menyampaikan tudingan," tegas Zaw Htay kepada AFP

Ini bukan pertama kalinya klaim semacam ini diarahkan kepada pemerintah Myanmar. Tahun 2013 lalu, organisasi pemantau HAM Human Rights Watch (HRW) menyebut Myanmar melakukan praktik pembersihan etnis terhadap minoritas Rohingya. Saat itu, Presiden Thein Sein yang masih menjabat mengecamnya sebagai 'fitnah'. 

Minoritas Rohingya tidak disukai oleh kebanyakan warga Myanmar yang mayoritas menganut Buddha. Banyak warga Myanmar memandang minoritas muslim Rohingya sebagai imigran ilegal dan bahkan menyebutnya 'Bengali' meskipun mereka sudah berabad-abad tinggal di Myanmar. Sebagian besar minoritas Rohingya tinggal di wilayah Rakhine yang sarat kemiskinan. Warga Rohingya tidak diakui sebagai warga negara oleh pemerintah Myanmar serta dibatasi pergerakan dan juga akses pada lapangan pekerjaan.


(nvc/ita)

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !


Demikianlah Artikel Pejabat PBB Tuduh Myanmar Lakukan Pembersihan Etnis Muslim Rohingya

Sekianlah artikel Pejabat PBB Tuduh Myanmar Lakukan Pembersihan Etnis Muslim Rohingya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pejabat PBB Tuduh Myanmar Lakukan Pembersihan Etnis Muslim Rohingya dengan alamat link https://portalislam24jam.blogspot.com/2016/11/pejabat-pbb-tuduh-myanmar-lakukan.html

Subscribe to receive free email updates: