Tokoh Lintas Agama Serukan Demo 2 Desember Damai, Masyarakat Tidak Perlu Takut

Tokoh Lintas Agama Serukan Demo 2 Desember Damai, Masyarakat Tidak Perlu Takut - Hallo sahabat PORTAL ISLAM 24 JAM, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tokoh Lintas Agama Serukan Demo 2 Desember Damai, Masyarakat Tidak Perlu Takut, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tokoh Lintas Agama Serukan Demo 2 Desember Damai, Masyarakat Tidak Perlu Takut
link : Tokoh Lintas Agama Serukan Demo 2 Desember Damai, Masyarakat Tidak Perlu Takut

Baca juga


Tokoh Lintas Agama Serukan Demo 2 Desember Damai, Masyarakat Tidak Perlu Takut

Demonstrasi yang rencananya digelar pada 2 Desember 2016 diharapkan berlangsung damai dan tidak menimbulkan ketakutan masyarakat. Seluruh umat beragama diimbau mempercayakan sepenuhnya keamanan kepada penegak hukum.

"Demonstrasi harusnya damai, beradab, tidak membuat ketakutan, kecemasan. Umat beragama lebih baik menjaga keteduhan, ketenangan. Jangan khawatir serahkan kepada negara untuk memberikan rasa aman," kata tokoh lintas agama, Romo Benny Susetyo, Selasa (22/11/2016).






Menurut dia, sebaiknya permasalahan diserahkan kepada mekanisme hukum. "Kalau mekanisme musyawarah untuk mufakat tidak bisa ditegakkan ya menaknisme hukum. Tegakkan hukum tanpa intervensi dan seadil-adilnya," ujar Romo Benny.

Mengenai maklumat Kapolda Metro tentang demo dilarang makar, Romo Benny menilai hal itu wajar. "Kalau telah membahayakan negara, membahayakan keutuhan NKRI hak negara untuk menyatakan itu (makar). Jadi wajar saja (maklumat Kapolda Metro) sejauh negara melihat ada indikasi ancaman disintegrasi, persatuan dan perekonomian yang memburuk," ungkap Romo Benny.

Dalam kesempatan terpisah, tokoh lintas agama Jeirry Sumampow mengimbau masyarakat tetap beraktivitas seperti biasanya saat demonstrasi 2 Desember mendatang.

"Kalau sekadar penyaluran aspirasi, masyarakat nggak usah khawatir. Kalau hanya penyaluran aspirasi tidak perlu ada kekerasan, kecuali ditumpangi kepentingan lain. Kita percayakan saja kepada aparat kepolisian yang akan mengantisipasi segala kemungkinan yang tidak kita diinginkan," ujar Jeirry yang merupakan Humas Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) ini.

Menurut dia, demonstrasi 2 Desember mendatang kental nuasan politisnya. "Lebih kuat sisi politiknya ketimbang isu kemarin (demonstrasi 4 November). Tetapi, saya yakin tidak ada hal-hal yang kita tidak inginkan terjadi. Dampak demo itu tergantung dari reaksi dari masyarakat. Kalau dianggap biasa, tidak khawatir, takut, dan nggak perlu respons dengan sikap yang tidak perlu maka tidak terjadi hal-hal yang kita tidak inginkan. Jadi saya harap masyarakat tidak usah masuk ke dalam pembangunan opini 'settingan' sebuah demo untuk menggalang dukungan masyarakat yang besar," papar Jeirry.

Jeirry menambahkan maklumat Kapolda Metro tentang larangan makar sudah sesuai standar yang berlaku. "Makar tidak diizinkan, tidak diperboleh, Kapolda Metro mungkin menegaskan lagi agar tidak ada demonstrasi yang melecehkan simbol negara," ujar dia.

Sementara itu, Front Pembela Islam (FPI) sebagai salah satu peserta aksi menyatakan demo 2 Desember tidak mempunyai niat makar dalam aksinya. "Dari GNPF MUI itu tidak pernah mengagendakan tanggal 25. Tanggal 2 Desember GNPF MUI itu mengagendakan, tapi aksi super damai itu kegiatannya istighotsah, zikir, untuk kedamaian bangsa disambung dengan maulid," kata Sekretaris Jenderal DPP FPI Jakarta Novel Chaidir Hasan Bamukmin. 
(aan/rvk)

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !


Demikianlah Artikel Tokoh Lintas Agama Serukan Demo 2 Desember Damai, Masyarakat Tidak Perlu Takut

Sekianlah artikel Tokoh Lintas Agama Serukan Demo 2 Desember Damai, Masyarakat Tidak Perlu Takut kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tokoh Lintas Agama Serukan Demo 2 Desember Damai, Masyarakat Tidak Perlu Takut dengan alamat link https://portalislam24jam.blogspot.com/2016/11/tokoh-lintas-agama-serukan-demo-2.html

Subscribe to receive free email updates: