Pengamanan Komputer Dan Jaringan Internet

Pengamanan Komputer Dan Jaringan Internet - Hallo sahabat PORTAL ISLAM 24 JAM, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengamanan Komputer Dan Jaringan Internet, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengamanan Komputer Dan Jaringan Internet
link : Pengamanan Komputer Dan Jaringan Internet

Baca juga


Pengamanan Komputer Dan Jaringan Internet

MetrominiNews - Pengamanan Komputer Dan Jaringan Internet.

PENGAMANAN KOMPUTER 

Virus Komputer:

Virus komputer adalah program jahat yang bertujuan merusak komputer sasaran. Virus sendiri ada yang "halus", ada juga yang mematikan.
Catatan: Biasanya program-program virus diakhiri dengan ekstensi .exe dan berada di  dalam file yang telah dikompres (zip, dll).

Program Spy (Mata-mata):

Program ini berfungsi memata-matai pengguna komputer, mengumpulkan data-data tentang komputer tersebut, dan data-data tentang langkah aktifasi komputer dan internet.

Kemudian, ia akan mengirim semua data ini ke tempat lain yang bisa ia manfaatkan dengan cara tertentu. Biasanya, program ini juga memperlambat kerja komputer, bahkan bisa membuatnya hang sama sekali. Nah, agar komputer Antum terjaga dari program seperti ini, silahkan menginstall program Anti Spy, program ini harus di up-date terus menerus supaya komputer tetap terjaga. Diantara program Anti Spy ini adalah: X-NetStat Professional; program ini akan menginformasikan kepada Antum jika ada yang menyusup ke komputer Antum. Ada juga program search & destroy, ini adalah program Anti Spy gratisan.

Download File:

Di situs-situs internet biasanya banyak bertebaran file-file dengan format bermacam macam, ada yang berupa software- software gratis, flash-flash, buku, gambar, dan lain sebagainya. Jika situs-situs yang menawarkannya tidak dikenal dan belum bisa dipercaya, maka sebaiknya file-file yang ditawarkan tersebut tidak usah didownload. Sebab sebagian file-file seperti ini penuh dengan apa yang disebut trojan (virus penghancur). Software yang kita download dari situs-situs seperti ini biasanya mengandung dua program sekaligus, pertama yang terlihat (yaitu software yang kita cari), kedua yang tersembunyi (trojan). Tingkat bahaya trojan itu variatif, ada yang ringan (hanya memunculkan iklan- iklan saja sekali waktu), ada juga yang sangat berbahaya (hingga pengirim trojan mampu mengkontrol penuh komputer yang mendownloadnya).

Modus-Modus Kebobolan Komputer (cracking):

1. Melalui manusia. Ini terjadi tergantung sejauh mana tingkat kecerdikan pengguna komputer, bagaimana ia mempercayai orang lain dan mengizinkannya mengetahui urusan-urusan pribadinya.

2. Melalui sistemnya. Jenis kedua ini terkait dengan tiga macam kebobolan, yaitu:
a. Kebobolan normal dari pemegang licensi komputer, baik dengan pemberitahuan atau tidak.
b. Kebobolan langsung tapi tidak lama, biasanya akibat ulah seorang hacker. Hacker menemukan celah (atau sering disebut bugs) pada jaringan yang digunakan pengguna (User), setelah ia bisa menembusnya maka ia bisa berselancar di antara file-file dan  program-program yang digunakan User, lalu mengcopynya, membacanya atau bahkan merusak semua perangkat dalam komputer User.
c. Pembobolan dengan virus-virus pengintai (Spy), ini lebih berbahaya daripada yang
sebelumnya. Karena dengan teknik ini hacker bisa meng-install virus Spy ini pada komputer User, kemudian virus ini akan mengirim data-data dengan cara yang telah ia setting.

Program Proteksi Langsung

Program komputer paling terkenal yang berfungsi untuk proteksi langsung adalah program Zone Alarm. Program ini dianggap paling mudah penggunaannya daripada yang lain sekaligus paling kuat dalam memproteksi serangan langsung. Ada juga program lain  yaitu Internet Security yang dikeluarkan perusahaan Norton Corp. User bisa saja memakai dua-duanya, silahkan. Tapi kami ingatkan pentingnya menempuh langkah-langkah awal yang tepat, supaya keamanan komputer bisa dicapai secara maksimal. Penting sekali bagi Antum untuk memasang program-program Anti Virus dan Anti-Spy yang selalu di update. Antum juga harus memiliki program firewale yang juga harus selalu di update, program instalasi yang antum gunakan juga harus diupdate secara berkala.

Berikut ini saran-sarannya: 

1. Jangan cantumkan nama asli atau data asli apapun tentang Antum ketika meng-install
program komputer. Cantumkan data-data fiktif.

2. Gunakan password di semua file-file penting, file-file khusus dan pribadi. Antum bisa
menggunakan program Folder Lock, dengan menggunakan program ini Antum akan melihat semua file dan data Antum tersembunyi dan tak terlihat.

3. Jangan biarkan internet aktif kemudian Antum tinggal tidur.

4. Jangan terburu-buru membawa komputer ke ahli pengamanan komputer, cobalah memperbaiki sendiri kerusakan yang ada. Jika gagal dan terpaksa harus membawanya kesana, maka jangan biarkan komputer di sana lalu Antum tinggal pergi, tapi sembari ia memperbaiki tunggulah. Kenapa?
Pertama: Agar Antum bisa memastikan bahwa ia sama sekali tidak memasang program  Spy di komputer Antum, atau mengambil salah satu komponennya.
Kedua: Supaya Antum bisa belajar bagaimana memperbaiki komputer, sehingga dimasa mendatang cukup Antum yang memperbaikinya sendiri.

5. Belajarlah bagaimana mem-format komputer sendiri.

6. Jangan membuang atau menjual Hard-Disk, tapi hancurkan atau patahkan kalau Antum sudah tidak memiliki kepentingan lagi kepadanya. Yakinlah bahwa data apa saja yang Antum simpan di dalam Hard Disk, baik eksternal maupun internal, itu bisa dikembalikan dengan program-program khusus meskipun Antum telah menghapusnya.
Maka, hati-hatilah!

Ingat: Tidak ada istilah "file ter-delete" yang tidak bisa dikembalikan. Maka, memecahkan hard-disk lalu membuang potongan-potongannya di tempat yang berbeda beda merupakan cara terbaik agar data-data yang ada di dalamnya tidak bisa dikembalikan lagi.

7. Ada program yang bisa mem-password dan menyamarkan apa yang Antum tulis ketika hendak melewati key logger, seperti program key scrambler. Tidak ada salahnya Antum gunakan program ini jika Antum khawatir adanya program key logger di komputer Antum.

8. Buatlah password pada user account komputer Antum dan jangan lupa membubuhkan password pada Administrator. Sebab ada sebagian orang melupakan hal ini, sehingga ketika komputernya dibobol maka pembobol bisa menjalankan fungsi yang sama dengan Administrator. Jangan lupa juga menghapus catatan tamu (guest). Semua ini bisa Antum jumpai pada: Start  Control Panel  User Account.

Bagaimana Agar Terbebas Dari Virus-virus Komputer? 

1. Meng-update sistem Windows Update, caranya: Klik Start All Programs (kadang langkah ini tidak perlu)  Windows Update. Atau bisa dengan memanfaatkan situs milik Microsoft.

2. Cobalah men-download dan menginstall program-program proteksi dari situs perusahaan Microsoft.

Bagaimana Memproteksi Komputer Dari Virus dan Program Spy? 

Tidak ada yang menjamin komputer aman 100 % kecuali dengan kebersamaan dari Alloh. Yang bisa dilakukan hanya memperbaiki pengamanan dan meminimalisir  kemungkinan terserangnya komputer, caranya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Meng-install semua system keamanan terbaru yang disediakan system operator, berikut semua program yang ada di dalamnya.

2. Memakai Fire Wall, yaitu perangkat yang memproteksi system operasi dari penyusup.

3. Menginstal program Anti Virus dan selalu meng-update nya.

4. Usahakan jangan membuka file yang tercantum di dalam E-mail dari orang yang tidak Antum kenal. Usahakan juga jangan membuka file yang dikirim orang yang Antum kenal kecuali jika Antum tahu betul apa isinya. Sebab si pengirim kadang tidak tahu kalau ternyata suratnya berisi virus.

5. Jangan mau memakai program chatting atau E-mail instant, apapun bentuknya. Jika Antum terpaksa sekali harus memakainya, usahakan menggunakan program yang paling baru, sebab biasanya itu lebih kuat pengamanannya daripada edisi-edisi yang lama.

6. Install-lah program Anti Virus dan Anti Spy dan lakukan update secara kontinyu.


Al Mausu'ah Amniyah Li'l Mujahidin
✍ Editor Admin Seputar Android





Demikianlah Artikel Pengamanan Komputer Dan Jaringan Internet

Sekianlah artikel Pengamanan Komputer Dan Jaringan Internet kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengamanan Komputer Dan Jaringan Internet dengan alamat link https://portalislam24jam.blogspot.com/2016/12/pengamanan-komputer-dan-jaringan.html

Subscribe to receive free email updates: