Mengenal Rais Aam PBNU dari Masa ke Masa

Mengenal Rais Aam PBNU dari Masa ke Masa - Hallo sahabat PORTAL ISLAM 24 JAM, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengenal Rais Aam PBNU dari Masa ke Masa, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengenal Rais Aam PBNU dari Masa ke Masa
link : Mengenal Rais Aam PBNU dari Masa ke Masa

Baca juga


Mengenal Rais Aam PBNU dari Masa ke Masa

Mengenal Rais Aam PBNU dari Masa ke Masa
Mengenal Rais Aam PBNU dari Masa ke Masa 
NAHDLATUL ULAMA, ARRAHMAH.CO.ID - Sebagai warga NU setidaknya saya mengenal sedikit karakter beberapa Rais Aam PBNU.  

1. Kyai Ali Maksum,  pengasuh pesantren Krapyak,  saya tidak mengenalnya secara langsung tapi lewat cerita orang tua saya dan lewat kitab Ahlussunnah waljamaah yang dikarangnya.  Melihat wajahnya di foto-foto terasa ayem.  Beliau dikenal sebagai ulama yang memiliki kedalaman ilmu yang tanpa batas,  bagaikan laut tanpa dasar.
2. Kyai Ahmad Siddiq.  Beliau menggantikan Kyai Ali Maksum yg tdk bersedia dipilih oleh ahlul halli wal aqdi.  Saya mengenal beliau lewat Radio dan TV.  Ketika Muktamar NU 1984, saya dan almarhum ayah saya menyimak lewat Radio.  Ayah saya merasa berbinar2 ketika NU menyatakan diri kembali ke khittah 1926.  Wajah kyai Ahmad Siddiq juga teduh dan adem.  Keilmuannya juga sangat dalam dan cenderung sangat hati2 dalam bersikap dan merespon isu2 politik.  Posisi dengan GD adalah lebih mengemong dan mengayomi.
3. Kyai Ali Yafie.  Beliau menggantikan posisi kyai Ahmad Siddiq yg mangkat.  Kyai Ali Yafie juga dikenal sangat dalam ilmunya dan sangat halus.  Kealiman kyai Ali Yafie bahkan bisa dikatakan sangat istimewa.  Beliau mundur dari jabatan Rais Aam karena perbedaan cara pandang dengan GD soal SDSB.  Kyai Ali Yafie as I had signed dan saya mengenal langsung beliau. Pertemuan terakhir dengan beliau thn 2010 utk interview disertasi saya diantar oleh Putra Beliau Kyai Helmi Ali. Dia menjauhi politik praktis. Hubungan Belia dengan GD adalah hubungan murid hadratus syaikh dengan cucunya.  Meskipun terkadang beda,  namun tetap mesra.  Saya punya banyak cerita soal keharmonisan beliau berdua ketika interview.
4. Kyai Ilyas Ruhiyat.  Beliau menggantikan kyai Ali Yafie.  Belia adalah ulama yg halus budi pekertinya,  luar biasa kesantunannya.  Saya mengenal beliau secara langsung dan mengenal keluarga beliau: putra putri dan para mantu beliau.  Mencium tangannya tak terhitung.  Jika melihat wajah beliau selalu membuat adem.
5. Kyai Sahal Mahfudz.  Beliau adalah kyai yg ilmunya tak terukur oleh mata.  Seorang muallif kitab2 berbahasa Arab.  Beliau juga sangat zuhud dan wirai, rumah beliau sederhana dan sangat irit bicara.  Jika menghadapnya auranya juga sudah membuat kita benar2 hrs siap.  Saya mengenal beliau langsung karena paman sepupu saya menjadi mantu adik beliau.  Saya juga sungkem berkali kali ke beliau. 
6. Kyai Mustofa Bisri.  Seorang ulama kharismatis dan memiliki pandangan sangat luas untuk hal agama dan di luar agama.  Beliau sangat popular dan dicintai oleh seluruh nahliyyin.  Seorang budayawan yg membawa keteduhan dan sekaligus pencerahan.  Beliau menggantikan kyai Sahal Mahfudz dan tidak bersedia dipilih sbg Rais Aam pd Muktamar 2015. He is ready the most admired ulama within NU now.
7. Kyai Makruf Amin. Rais Aam sekarang.    Saya mengenal beliau secara langsung  sebagai faqih dan sangat ahli dlm usul fiqh.  Beliau adalah seorang ulama yg senang berdialog dan riang pembawaannya. Beliau memiliki pengalaman dlm banyak hal termasuk politik.  Beliau sudah makan asam garam dalam soal ini.  Beliau adalah Ketua Dewan Syuro PKB pertama.  Segala pemikiran beliau pasti berlandas fiqih dan usul fiqih.

Ya kalau mau dianggap NU ya paling tidak tahu dan mengenal sosok beliau-beliau di atas.

Semoga Allah melimpahkan rahmat untuk beliau semua.


Oleh: Dr. Syafiq Hasyim
Editor: Cep Suryana


Demikianlah Artikel Mengenal Rais Aam PBNU dari Masa ke Masa

Sekianlah artikel Mengenal Rais Aam PBNU dari Masa ke Masa kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengenal Rais Aam PBNU dari Masa ke Masa dengan alamat link https://portalislam24jam.blogspot.com/2017/02/mengenal-rais-aam-pbnu-dari-masa-ke-masa.html

Subscribe to receive free email updates: